Jumat, 24 Oktober 2014

Cara Mencegah Penyakit Stroke dengan Gaya Hidup Sehat

Stroke merupakan salah satu penyakit yang menimbulkan dampak negatif yang sangat besar bagi penderitanya. Oleh karenanya lebih baik mencegah dari pada mengobati. Dengan melakukan beberapa perubahan gaya hidup sederhana dalam rutinitas harian Anda, maka dapat membantu untuk mencegah penyakit stroke. Berikut adalah beberapa cara yang akan menurunkan risiko terkena stroke:

Menurunkan tekanan darah

Tekanan darah tinggi atau hipertensi merupakan faktor risiko terkena stroke pada laki-laki dan perempuan, bahwa jika tidak terkendali maka kesempatan Anda untuk menderita stroke meningkat 2 kali lipat. Menurunkan kadar tekanan darah dan menjaga tekanan darah adalah keharusan untuk terhindar dari komplikasi penyakit berbahaya lainnya, termasuk stroke.

Berolahraga secara teratur

Berolahraga secara teratur sangat baik untuk kesehatan sistem peredaran darah dan jantung. Olahraga juga menurunkan kadar kolesterol darah dan tekanan darah dalam tubuh sehingga dapat mencegah stroke. Aktivitas aerobik moderat seperti bersepeda atau jalan cepat selama minimal 150 menit setiap minggu dianjurkan untuk menurunkan risiko stroke.

Berhenti merokok dan minum alkohol

Merokok menyebabkan pengentalan darah dan menyebabkan penyembutan di arteri sehingga meningkatkan peluang pembentukan bekuan darah. Sampai batas tertentu, minum alkohol memang menyehatkan, namun ketika sudah berlebihan maka risiko stroke akan meningkat secara signifikan. Oleh karena berhenti merokok dan minum secukupnya untuk mengurangi risiko stroke.

Pengaturan pola makan

Diet sehat adalah yang terbaik dan paling efektif untuk mengurangi risiko penyakit jantung, stroke dan komplikasi kesehatan lainnya. Di samping itu makanan sehat akan meningkatkan kekebalan tubuh Anda. Penelitian telah menunjukkan bahwa makan makanan yang kaya kalium dapat mengurangi risiko stroke sekitar 20%.

Menurunkan berat badan

Obesitas dan komplikasi kesehatan lainnya yang terkait dengannya seperti hipertensi dan diabetes ditemukan dapat meningkatkan risiko stroke Anda. Kehilangan skitar 5 kg berat badan secara signifikan mengurangi peluang Anda untuk mengalami stroke.

Inilah 5 cara mencegah penyakit stroke dengan menjalani gaya hidup yang sehat, semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar